Rabu, 25 Mei 2016

7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Public Speaker



Kemampuan public speaking wajib dimiliki oleh siapapun yang memiliki aktivitas sering terlibat dengan banyak orang.  Termasuk tentu saja seorang pebisnis.  Dengan keahlian berbicara di depan umum, maka seorang pebisnis akan lebih mudah meningkatkan branding dirinya serta produk yang dijualnya.
Untuk menjadi public speaker yang baik tentu saja tidak bisa instan, perlu proses serta perlu mengetahui hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat berbicara di depan audiens.
Apa saja ya?
Berikut saya rangkum 7 hal yang tidak boleh dilakukan public speaker.  Silahkan simak.
Pertama, Tidak mempersiapkan diri kita dan apa yang akan disampaikan dengan matang. Pilihlah tema yang kita kuasai atau sebiasa mungkin kita alami.  Contohnya saya bisa berbicara mengenai bangkit dari kebangkrutan karena saya pernah mengalaminya dan berhasil mencari solusi untuk bisa bangun dari keterpurukan.
Kedua, Tidak melibatkan audiens.  Selama berbicara jangan sampai kita seolah-olah berbicara sendiri.  Minim interaksi dengan audiens bisa menyebabkan audiens gantuk bahkan mungkin malah pergi karena bosan dengan apa yang kita sampiaikan
Ketiga, Tidak terbuka kepada audiens pada saat kita gugup.  Saat kita gugup atau demam panggung sampaikan saja pada audiens.  Setelah kita menyampaikan itu, kegugupan kta akan mencair dan kita akan lancar untuk berbicara lebih lanjut.
Keempat, Tidak mau menyesuaikan diri dengan audiens.  Jadilah bunglon.  Tujuannya agar kita bisa masuk ke dalam komunitas di mana kita bicara.
Kelima, Tidak mau mengupgrade diri.  Untuk meningkatkan kepercayaan diri kita harus senantiasa mengupgrade diri dengan ilmu.  Belajarlah dari manapun dan kepada siapapun.
Keenam, Tidak mau berlatih.  Berlatih, berlatih dan terus berlatih.  Bisa karena biasa dan biasa itu karena kita berani untuk terus melatih diri.
Ketujuh, Tidak mau menerima kritik.  Sesekali tanyakan pada orang-orang terdekat, bagaimana penampilan kita pada saat berbicara di depan.  Dari penilaian dan kritikan mereka, kita bisa mengetahui apa saja kekurangan kita dan bagaimana cara memperbaikinya.
Aduh, kok susah ya Teh?
Nggak ada yang susah, yuk kita sama-sama belajar berpublic speaking!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar